Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

sejarah dan perkembangan Tablet Pc

Sejarah Lahirnya Tablet PC


Sekarang ini siapa yang tidak kenal Tablet PC, gadget terbaru ini memang sedang trend di kalangan gadget freak dan bahkan masyarakat umum. Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer. Istilah ini dipopulerkan oleh
Microsoft pada tahun 2001, tetapi PC tablet sekarang mengacu pada setiap komputer pribadi yang berukuran tablet, pun jika tidak menggunakan Windows melainkan sistem operasi PC yang lain. Tablet dapat menggunakan papan ketik virtual dan pengenalan tulisan tangan untuk input teks melalui layar sentuh.
Ide dari komputer tablet bukanlah hal baru. Sejarah tablet dimulai pada tahun 1968, seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay mengemukakan bahwa dengan kemajuan flat-panel dalam teknologi layar, user interface, miniaturisasi komponen komputer dan beberapa pekerjaan eksperimental dalam teknologi WiFi. Alan Kay bukanlah satu – satunya karena sebelumnya telah banyak nama – nama besar yang memiliki andil dalam proses penemuan serta penyempurnaannya hingga saat ini. Sejarah tablet selanjutnya, pada tahun 1972, ia menerbitkan sebuah makalah tentang perangkat dan menyebutnya sebagai “Dynabook”. Sketsa dari Dynabook menunjukkan perangkat yang sangat mirip dengan komputer tablet yang kita miliki saat ini, dengan beberapa pengecualian. Pada Dynabook, baik layar dan* keyboard* semua pada pesawat yang sama. Tapi visi Kay bahkan melangkah lebih jauh. Dia memperkirakan bahwa dengan teknologi layar sentuh yang tepat, Anda bisa menampilkan keyboard virtual, dalam konfigurasi pada layar itu sendiri.
Kay terdepan pada waktu itu. Sejarah tablet membuktikan bahwa membutuhkan waktu hampir empat dekade sebelum tablet mirip dengan apa yang dia bayangkan mengambil hati publik. Tapi itu bukan berarti tidak ada komputer tablet di pasar selama 4 dekade tersebut selain konsep Dynabook dan iPad Apple yang terkenal. Tablet yang pertama muncul di pasar adalah GRiDPad. Pertama kali diproduksi pada tahun 1989, GRiDPad termasuk layar sentuh kapasitansi monokromatik dan stylus kabel. Beratnya hanya di bawah 2,26 kilogram. Dibandingkan dengan tablet hari ini, GRiDPad itu besar dan berat, dengan baterai pendek yang hanya bertahan tiga jam. Dan orang di balik GRiDPad itu adalah Jeff Hawkins, yang kemudian mendirikan Palm. Kemudian terdapat pula komputer tablet lain berbasis pena namun ia tidak menerima banyak dukungan dari masyarakat.
Apple lah yang pertama memasuki medan tablet dengan Newton, sebuah perangkat yang menerima jumlah kecintaan dan ejekan selama bertahun-tahun. Sebagian besar kritik untuk Newton berfokus pada pengenalan tulisan tangan perangkat lunaknya. Hingga akhirnya puncak sejarah tablet dimulai ketika Steve Jobs mengungkapkan iPad pertama ke pasar, dan meyakinkan pasar bahwa komputer tablet dapat menjadi produk konsumen yang layak. Saat ini, perusahaan seperti Apple, Google, Microsoft dan HP berusaha untuk memprediksi kebutuhan konsumen, sementara merancang generasi berikutnya dari perangkat tablet. Penemuan tablet pc merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari teknologi komputer yang sudah ada. Maka tidak pernah disebut secara khusus siapa yang menemukannya.


 Deretan Perkembangan Tablet PC

RAND Tablet
Ide komputer tablet ternyata sudah mengemuka pada tahun 1960-an. Tablet pertama di dunia disebut-sebut adalah RAND tablet yang juga disebut sebagai Grafacon (Graphic Converter). 
Pembuatnya adalah Advanced Research Projects Agency. RAND tablet adalah salah satu perangkat pertama yang menggunakan stylus. Kala itu harganya sangat mahal, USD 18 ribu.


The Dynabook
Konsep tablet modern pertama adalah Dynabook yang lahir tahun 1968. Penemu Alan Kay dan dan Xerox Palo Alto Research Center memimpikan tablet tersebut sebagai perangkat elektronik untuk anak-anak yang akan memudahkan mereka mengakses media digital.
Namun ide Dynabook tidak pernah menjadi produk komersial massal. Alan Kay sendiri saat ini aktif berkecimpung di program laptop murah One Laptop Per Children (OLPC).

Apple Graphics Tablet
Perangkat besutan Apple ini fungsi utamanya adalah untuk menggambar. Dibanderol USD 650, Apple Graphics Tablet kurang menuai sukses kala dirilis tahun 1979. 
Di tablet ini, user bisa menggambar dengan sebuah perangkat stylus berkabel. Kemudian hasilnya dapat ditransfer ke komputer.



Gridpad
Gridpad disebut-sebut sebagai tablet PC portabel pertama. Dengan layar sentuh monokrom 10 inch dan baterai tahan 3 jam, tablet yang rilis tahun 1989 ini dibanderol sangat menjulang, USD 2.370. 
Tablet ini ditujukan untuk para pebisnis dan kabarnya mendapat sambutan cukup baik di pasaran. Sayangnya, AST selaku produsennya kemudian kolaps sehingga generasi Gridpad tidak berlanjut.




Tandy Zoomer
Personal Digital Assistant (PDA) yang ngetren di tahun 1990-an dinilai berperan penting dalam sejarah tablet PC karena kemiripan fungsinya. Salah satu teknisi Gridpad bernama Jeff Hawkins punya ide untuk membuat tablet dengan ukuran lebih portabel. Dia pun mendirikan Palm Computing untuk mewujudkan impian tersebut. 
Bekerjasama dengan perusahaan Tandy dan Casio, akhirnya perangkat layar sentuh bernama Tandy Zoomer rilis pada tahun 1992. Namun PDA dengan stylus ini kurang diminati. Tandy Zoomer kemudian menginspirasi kehadiran PDA Palm Pilot.


Apple Newton MessagePad
EO John Sculley, Apple merilis cikal bakal tabletnya dengan dengan nama Apple Newton MessagePad. Perangkat handheld yang cenderung masuk kategori PDA ini mempunyai stylus untuk navigasi.
Namun demikian, Apple Newton tidak pernah menuai sukses di pasaran. Hingga Apple memutuskan untuk menghentikan produksinya di tahun 1998.





Fujitsu Stylistic 2300
Fujitsu Stylistic 2300 yang rilis pada tahun 1998 ini adalah tablet pertama yang sudah menggunakan layar warna. Prosesornya memakai Pentium 233.
Stylistic 2300 juga punya modem terintegrasi. Dari sisi spesifikasinya, tablet buatan vendor asal Jepang ini agaknya termasuk yang paling canggih pada zamannya.



Compaq Tablet
Generasi tablet modern barangkali dipelopori oleh Microsoft. Kala meluncurkan Compaq Tablet ini pada tahun 2001, Bill Gates selaku bos Microsoft yakin komputer tablet akan sangat populer.
"Dalam lima tahun, saya memprediksi tablet akan menjadi jenis PC paling populer yang dijual di Amerika Serikat," kata Gates ketika itu. Namun prediksinya itu salah karena tablet Windows belum menuai sukses sesuai harapan.




Compaq TC1000

Tahun 2003, Compaq merilis tablet PC Hybrid bernama TC1000. Tablet dengan layar sentuh berukuran 10,4 inch ini dibekali dengan keyboard. Keyboard ini dapat dilepaskan dari tablet.
Perangkat tersebut memakai OS Windows XP. Desainnya dinilai sebagai terobosan pada zamannya dan meraih berbagai penghargaan.



Apple iPad
Tahun 2010, Apple yang dipimpin mendiang Steve Jobs merilis iPad yang kelak akan menjadi tablet PC tersukses secara komersial. Kehadirannya memicu industri tablet menjadi maju pesat. Sampai saat ini, dominasi iPad di pasar komputer tablet belum tergoyahkan.
Didukung aplikasi berlimpah dan desain cantik, iPad cepat menuai ketenaran. Saat ini, komputer tablet berbasis sistem operasi iOS ini sudah memasuki generasi yang ketiga.



Motorola Xoom
Motorola Xoom menandai keseriusan Google memasuki pasar tablet dengansistem operasi Android. Xoom adalah tablet pertama yang memakai sistemoperasi Android Honeycomb, OS yang khusus didesain untuk
perangkat tablet.
Dari sisi spesifikasi, Xoom juga maju pada zamannya. Tablet yang rilis awal tahun 2011 ini dibekali prosesor dual core Nvidia Tegra dan kamera 5 megapixl lengkap dengan lampu flash.



Sumber :

http://blog.batavianet.com/knowledge-center/sejarah-dan-perkembangan-tablet-pc/
http://wisnulesmana.blogspot.com/2012/06/sejarah-perkembangan-komputer-tablet.html


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar