Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Dua Unsur yang Mempengaruhi Desain Pemodelan Grafik

Pemodelan Desain Grafis
Definisi pemodelan grafis terbagi menjadi 2 yaitu definisi tentang sebuah pemodelan dan desain grafis, dimana definisi pemodelan yaitu membentuk model suatu benda-benda atau obyek. Kemudian desain grafis yaitu Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup atau dengan kata lain menjadi objek berbasis 2D atau 3D. Dan pengertian Pemodelan Desain Grafis itu sendiri adalah membentuk obyek Sesuai dengan basisnya, yang kemudian prosesnyansecara keseluruhan dikerjakan di komputer dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra.
Perkembangan Singkat Pemodelan grafis
a.      Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan.
b.  Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar.
c.    Pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing dengan  memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D.

Unsur yang Mempengaruhi Pemodelan Grafik
Didalam sebuah pemodelan grafis banyak hal yang dapat mempengaruhi unsur-unsur dalam pembuatan sebuah model grafik. Ada dua unsur yang sangat berpengaruh akan adanya pemodelan grafik, yaitu kebudayaan dan teknologi.

Kebudayaan

Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari budaya masa lalu mewakili sudut pandang tertentu ciri dari sebuah pemodelan grafik yang memberikan pengaruh dalam Desain pemodelan Grafis, dimana desainer harus memperhatikan aturan-aturan peranan yang dimainkan oleh budaya, agar tidak terjadi sebuah kesalahan sistematis yang kurang diinginkan. Dan desainer juga harus memperhatikan kelas sosial agar dapat memberikan hasil terbaik terhadap perilaku konsumen yang menginginkannya.

Teknologi

Teknologi sangat mempengaruhi bagaimana pembuatan desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam selera gaya, atau seni yang dibuat hanya dengan tujuan mengekspresikan rasadi kalangan masyarakat itu sendiri secara sebagian ataupun keseluruhan, yang akhirnya tercermin dalam bentuk sebuah model desain yang akan diproduksi bahkan ditawarkan kesejumlah pengamat grafik. Apalagi kemajuan teknologi sekarang ini desain grafis menjadi sangat mudah untuk di operasikan, Dari mulai pembaharuan software yang dirancang untuk menampilkan desain-desain terbaru,hingga pengunggahan yang dapat menghasilkan uang dari beberapa model dinamis karya seorang desainer ke sebuah internet, sertamemudahkan desainer menjadi lebih mudah dalam mengembangkan imajinasinya. Maka teknologi pun akhirnya menjadi sarana untuk mempermudah realisasi pembuatan model dengan menyediakan beberapa teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan.Dari contoh simpel tadi dapat di simpulkan perkembangan teknologi merupakan sesuatu hal yang sangat baik didalam segala bidang, apabila di diimbangi dengan pemikiran positif dari penggunanya. 

sumber :


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS