Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cloud Computing

1.        Definisi Cloud Computing?


Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama tanpa instalasi.

2.        Perbedaan dengan komputasi grid?

1. Komputer server masih akan diperlukan untuk mendistribusikan berbagai data dan juga untuk mengumpulkan hasil dari klien yang berpartisipasi didalam konsep komputasi grid.
2. Konsep cloud computing akan menawarkan layanan yang lebih baik dari pada komputasi grid. Bahkan hampir semua layanan yang ada di internet, misalnya seperti pada web hosting, sistem operasi ganda (multiple operating systems), dsb
3. Konsep grid computing cenderung lebih sulit digabungkan dibandingkan dengan sistem *cluster* komputasi konvensional, karena harus menggabungkan beberapa macam perbedaan platform dari sisi perangkat keras dan perangat lunak untuk menghasilkan sebuah output.


3.        Implementasi distributed computation dalam cloud computing?



komputasi terdistribusi adalah konsep menggunakan sistem terdistribusi terdiri dari banyak node diatur sendiri untuk memecahkan masalah yang sangat besar (yang biasanya sulit untuk diselesaikan dengan satu komputer) dan Cloud computing pada dasarnya adalah sebagai penjualan dan model distribusi untuk berbagai jenis sumber daya melalui internet, Komputasi dengan memecah masalah ke tugas sederhana, dan menugaskan tugas-tugas ke node individu. Oleh sebab itu implementasi Cloud computing dipecah ke dalam beberapa kategori yang berbeda berdasarkan jenis layanan yang disediakan.
  • SaaS (Software as a Service) adalah kategori komputasi awan di mana sumber daya utama yang tersedia sebagai layanan perangkat lunak aplikasi.
  • PaaS (Platform as a Service) adalah kategori / penerapan komputasi awan di mana penyedia layanan memberikan platform komputasi atau solusi tumpukan untuk pelanggan mereka melalui internet.
  • IaaS (Infrastructure as a Service) adalah kategori komputasi awan di mana sumber daya utama yang tersedia sebagai layanan yang infrastruktur perangkat keras.
  •  DaaS (Desktop sebagai Layanan), yang merupakan layanan muncul-Aas berkaitan dengan memberikan pengalaman seluruh desktop melalui internet. Ini kadang-kadang disebut sebagai virtualisasi desktop / virtual desktop atau desktop host.


4.        Definisi map reduce dan Nosql (not only SQL) dan implementasinya dalam cloud computing?

·            Map reduce merupakan sebuah framework pemrograman yang akan memproses sebuah data yang berukuran besar, yang biasanya data tersebut digunakan untuk komputasi terdistribusi pada kumpulan komputer.

·            NoSQL (singkatan dari Not Only SQL) adalah tipe database yang berbeda dengan konsep RDBMS ataupun ODBMS. Pada konsep NoSQL ini bisa menyimpan data tanpa perlu mendefinisikan tipe data dan ukurannya lagi. Jadi lebih fleksibel bila ada perubahan di masa mendatang.  Adapun beberapa database NoSQL yang ada saat ini yaitu Cassandra, Big Table, CouchDB, Redis, Riak, Dynamo dan lainnya.
             
·            NoSQL database adalah sebuah class dari data storage system yang tidak berelasi. NoSQL tidak memerlukan skema table, sehingga tidak menggunakan konsep relasi. NoSQL database secara native tidak menggunakan SQL seperti yang biasa terdapat pada relational database.



5.      Studi kasus dalam penerapan cloud computing dari beberapa service yang diberikan. Berikan 1 contoh!

·            Penerapan Cloud Computing pada Google Docs.

Google Docs adalah salah satu produk Google yang dapat mengolah (menyimpan, membuat, meng-edit) program-program aplikasi perkantoran (seperti microsoft office jika diwindows) secara online, diantaranya program-programnya adalah pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation).
Penggunakan fasilitas Google Docs yang harus online / terkoneksi lewat internet merupakan kelemahan dari program ini, namun aplikasi ini banyak mempunyai kelebihan, misalnya jika kita berpergian keluar kota atau bahkan keluar negeri untuk tujuan seminar atau apa saja kita tidak akan bingung ketinggalan dokumen jika semua sudah disimpan di Google Docs selain itu kita tidak akan kawatir dokumen akan hilang atau rusak seperti halnya jika kita menyimpan di harddisk yang sewaktu-waktu harddisk dapat rusak dan dokumen hilang.
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan Google Docs :

· Mengimpor dan mengekspor data berformat .xls, .csv, .txt dan .ods (dan mengekspor fungsionalitas untuk .pdf dan html)
· Email dokumen sebagai lampiran.
· Mendownload dokumen ke desktop sebagai Word, OpenOffice, RTF, PDF, HTML atau zip.
· Mempublikasikan dokumen secara online ke dunia, sebagai halaman Web atau mengirimkan dokumen ke blog.
· Melihat riwayat revisi dokumen dan spreadsheet
· Meng-edit dokumen online dengan siapa pun yang kita pilih.
· Sharing dengan orang lain (melalui alamat e-mail) untuk mengedit atau melihat dokumen dan spreadsheet.
· Upload dokumen Word, OpenOffice, RTF, HTML, atau teks (atau membuat dokumen dari awal).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar