Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR TEKNOLOGI GAME 3IA21

1.     Pengantar teknologi game

    Permainan komputer (bahasa Inggris: computer game) adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir. Game komputer dibuat oleh satu atau beberapa pengembang game, biasanya bersama dengan spesialis lainnya (seperti game artists) dan dipublikasikan baik secara sendiri atau melalui penerbit pihak ketiga.  Kemudian mendistribusikan pada media fisik seperti DVD dan CD, atau dapat didistribusikan secara bebas melalui internet, software, atau melalui jasa pengiriman online seperti Direct2Drive dan Steam.



  • Macam-macam Game

a.        Fun Games
semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma. seperti  bilyard, catur, puzzle,dll.

b.      Arcade Games

semua permainan yang mudah dimengerti, seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar. Seperti permainan  Golden Axe, Grand Prix, Robocop.

c.       Strategic Games:

biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.

d.      Adventure Games

terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Contoh permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.

e.       Simulation Games

Algoritma Permainan jenis ini sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi sebenarnya. Tidak cukup bermodalkan ahli grafik tetapi harus mengerti persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98.


2. Game dalam dunia IT seperti apa perkembangannya?



  •  permainan video/video game pertama terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an.
  • Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe).
  • Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam. Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. 
  • Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang.
  • Tidak sampai generasi keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam. 
  • Saat ini hanya perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld, walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang ke perangkat seperti ponsel dan PDA.

 3. Konsep teknologi game!


  • Narrative: Narrative atau alternatif yang dapat ditambahkan ke desain yang dimulai sebagai serangkaian mekanika game.
  • GameplayGameplay melibatkan interaksi pemain dengan permainan, biasanya untuk tujuan hiburan, pendidikan atau pelatihan.
  • Interaksi: Interaksi yang dilakukan dalam game adalah ketika user dapat berkomunikasi dengan user lainnya dalam waktu yang bersamaan walau tempat mengakses game tersebut berbeda.
  • AI : Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
  • Teknologi
  •  teknologi seperti Flash dan Java, yang dapat menampilkan video dan audio interaktif pada Internet.
  • DirectX, sebuah kumpulan API (Application Programming Interface) pada platform Windows yang menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, khususnya pemrograman game dan video.
  • SDK (Software Development Kit) dari DirectX untuk menciptakan game dengan memanfaatkan fungsi-fungsi DirectX yang disediakan. Pada dasarnya, game itu sendiri merupakan sebuah aplikasi komputer, yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, di balik sebuah game yang menghadirkan kesenangan dan kenyamanan bermain, terdapat ribuan bahkan jutaan kode program yang membentuknya.
  •  bahasa pemrograman yang umum seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya.

4. Sebutkan dan jelaskan tentang software untuk membuat game!


        a.   Game Maker              

            Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D. Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker).

       b.      RPG MAKER(R.M)


               R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role  Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami. Script yang             dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (sebuah system script turunan dari                           bahasa Ruby),dan untuk RPGmaker terbaru RPG maker VX) yang dipakai adalah                   pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.

      c.       AGS( Adventure Game Studio)

         AGS adalah program untuk membuat game bertipe “point and click (game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle). Contohnya adalah: Monkey Island ,Day of the Tentacle.

      d.      Macromedia Flash

             Program ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D.

      e.       3D Game Studio

         Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu :-MED (Model Editor) – Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio, -SED (Script Editor) – Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standa yang dipakai adalah C-Script dan Lite C, 
-WED (Level Editor) – Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Jiǎndān Xiānshēng mengatakan...

Ngomong-ngomong, kamu cantik deh:*

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Posting Komentar