Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Permasalahan Sosial

LINGKUNGAN HIDUP


 

Permasalahan social kali ini yaitu masalah lingkungan yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari,saat ini kemerosotan lingkungan hidup diberbagai daerah di Indonesia sudah terlihat jelas. Banyak terjadi kerusakan dimana-mana. Semakin maraknya permasalahan lingkungan dan semakin menonjolnya perhatian berbagai kalangan menunjukan kesadaran akan pentingnya pemeliharaan lingkungan hidup. Pada kenyataannya sering terjadi bahwa orientasi pembangunan di masa lalu seolah-olah mengorbankan lingkungan demi kepentingan manusia.
Sebagai contoh pada rumah tangga atau komunitas kecil,dikenal peramabah hutan yang perilakunya jelas mengarah pada perusakan lingkungan. Pada organisasi bisnis masih sering dijumpai pembuatan area industri yang melanggar rencana tata lahan, pembuangan limbah, yang tidak sesuai aturan, serta penyalahgunaan kepercayaan untuk mengelola lingkungan. Salah satu contoh yang dapat dilihat dan sangat dirasakan adalah kebakaran hutan dan lahan yang berdampak negative dan berbahaya terhadap kesehatan karena disinyalir mengandung bakteri yang berbahaya streptococcus. 
Akibatnya saat ini juga terjadi pemanasan global atau global warming yang sangat berpengaruh buruk bagi semua komponen makhluk hidup dimuka bumi.
Lingkungan hidup merupakan persoalan kolektif yang membutuhkan partisipasi semua komponen bangsa untuk mengurus dan mengelolanya,pemerintah,tokoh masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), harus memiliki kemauan politik untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup dari ulah tangan jahil para penjahat lingkungan, hal itu harus dibarengi dengan tindakan hukum yang tegas terhadap pelaku kejahatan lingkungan hidup yang nyata telah terbukti menyengsarakan banyak umat manusia, yang tak kalah penting juga, harus adanya upaya serius untuk membudayakan cinta lingkungan hidup melalui dunia pendidikan. Institusi pendidikan, untuk menginternalisasi dan menanamkan nilai-nilai budaya cinta lingkungan hidup kepada anak-anak bangsa.
Pada dasarnya upaya penyelamatan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama yang harus dimulai dari setiap individu masing-masing, terutama perubahan gaya hidup yang harus mulai peduli lingkungan dan kesehatan,dengan dapat memilih dan menyeleksi  produk-produk ramah lingkungan, mengendalikan atau mengurangi konsumsi yang tidak perlu, memilih sarana transportasi yang tidak boros energi, karena kondisi bumi kita adalah bergantung pada diri kita. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar